Diberdayakan oleh Blogger.

sinopsis ayah mengapa aku berbeda

Ringkasan Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda

” Walau aku terlahir tanpa pernah bisa mendengar apapun di dunia ini, tapi aku masih bisa merasakan kebaikan Tuhan kepadaku, kebaikan yang membuatku percaya bahwa aku tidak terlahir dengan tujuan hidup rencananya yang indah”
Namanya Angel.Ia cantik,Pintar,Berbakat,dan berbeda (memiliki keterbatasan).Hidupnya ditakdirkan untuk terus melampaui tantangan. Ibunya meninggal saat melahirkannya, lalu ia dibesarkan dengan penuh cinta oleh Ayah dan neneknya. Angel sejak balita dinyatakan tuna rungu.
Namun, ternyata Angel sangat cerdas,lebih cerdas dari anak seusianya.Dan karena dilahirkan oleh pasangan pianis,secara alami ia menguasai bakat yang sama.Karena kecerdasannya inilah Angel disekolahkan di sekolah umum,di mana ia akhirnya belajar memahami bahwa tak semua orang nyaman dengan perbedaan.
Agnes, gadis cantik yang merasa terancam dengan hadirnya Angel yang cantik,pintar,dan berbakat. Angel tak pernah lepas dari “serangan” Agnes yang bertubi. Di situ pulalah ada Hendra, cowok baik hati yang kemudian menjadi sahabat Angel.
Pada saat yang sama, ayah Angel mengalami masalah jantung. Pendapatan tak seberapa dari toko roti keluarga yang ia kelola, menghambat pengobatannya, sehingga Angel berusaha menambah penghasilan keluarga dengan menjadi pianis sebuah cafe. Di cafe inilah, ia merajut cinta dengan Ferly, pegawai cafe tersebut. Cinta mereka tentu saja tak biasa, karena bernuansa perbedaan yang tidak biasa.
Tantangan demi tantangan, hambatan demi hambatan harus dihadapi Angel. Sebagai manusia ia hampir menyerah, namun Tuhan selalu punya cara mengembalikan kekuatannya. Angel sadar bahwa Tuhan menciptakannya bukan tanpa tujuan. Hingga pada akhirnya Tuhan akan memberikan jawaban terindah atas pertanyaan Angel yang pernah ia sampaikan ke Sang Ayah “Ayah, mengapa aku berbeda?” . Kini Angel tau mengapa ia berbeda karna Tuhan mencintainya. Ia tidak akan pernah marah kepada Agnes dan kawan-kawan yang telah menyiksanya,ia bersyukur karna mereka mengajarkan kepada Angel tentang ketekunan,ikhlas, dan bersabar.Ayah Angel selalu berkata bahwa "Kita tidak perlu merasa sedih dengan keadaan kita,bagaimanapun bentuknya. Karena Tuhan memberikan kita nafas kehidupan dengan tujuan hidup masing-masing.
Realitas Kehidupan Anak :
  1. Orang Tua akan merasa senang dan bangga bila anaknya berprestasi.
  2. Kita harus menerima keterbatasan yang kita miliki dengan hati yang ikhlas.
  3. Kita harus bersabar dalam melewati tantangan yang diberikan oleh Tuhan.
  4. Kita harus percaya bahwa dibalik kekurangan pasti ada kelebihan.
  5. Kita tidak boleh membeda-bedakan teman walaupun dia memiliki kekurangan.
  6. Kita tidak perlu merasa sedih atas keadaan kita karena tuhan menciptakan kita dengan tujuan hidup masing-masing.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar